Beb temanku dapat tiket dari jakarta ke singapore cuma 300rban lho. ihhh murahnya. Begitu ungkap saya waktu itu di telpon, sengaja sih manas-manasin biar disuruh booking tiket buat liburan dan siayang ngerespon cerita saya dengan minta di daftarkan dalam pembuatan paspor jadinya. Sebenarnya ini juga bukan kali pertama siayang minta di daftarin buat punya paspor tapi udah berkali-kali cuma emang saya yang males nanggepin karena mau punya paspor buru-buru mau kemana juga kita. Pasporku aja baru punya 1 cap doang wkwkwk dan sudah keburu Pandemi.

Syarat pembuatan Paspor

Akhir saya iya-in aja daripada ditodong mulu. Mulailah saya buka blog yang saya tulis terakhir tentang cara pembuatan paspor tapi ternyata udah gak bisa lagi pakai steps yang saya berikan, akhirnya browsing ke lama imigrasi dan ketemulah kalau sekarang mau daftar itu harus menggunakan applikasi M-Paspor yang harus di download dulu di Playstore ataupun iOS. Seperti pada umumnya, setelah sukses terdownload kita diminta membuat akun terlebih dahulu baru kemudian login.

Pertama-tama pilih dulu untuk pembuatan paspor baru dengan catatan belum pernah mempunyai sama sekali. Kemudian dokumen yang perlu kalian lengkapi masih sama, yaitu KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran / Akta Nikah. Baiknya sudah ada dalam bentuk PDF sehingga memudahkan pada saat submit. Kebetulan saya megang dokumen siayang semua, jadi cepet banget daftarnya gak nyampe 10 menit udah kelar cuma sempat telpon buat mastiin dia bisa ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal yang tersedia, karena pilihannya ada 2 yaitu besok dan lusa. Beda banget waktu saya pertama kali membuat antrian paspor, jadwalnya bisa sampai minggu depan. Tapi mungkin yang mau buat paspor ataupun memperbaharui paspor mikir juga kali ya buat apa repot ke kantor Imigrasi saat ini toh lagi pandemi dan tempat yang bisa di kunjungi terbatas juga.

Setelah semua tahap kelar semua, maka akan ada pemberitahuan untuk pembayaran biaya pembuatan paspor yang harus segera di bayarkan dalam kurun waktu 3 jam dari sejak dibuatnya permintaan. Lagi-lagi berbeda dengan saya sebelumnya, untuk biaya pembuatan dilakukan setelah kita datang menyerahkan data  dan juga melakukan foto. Untuk biaya pembuatan paspor masih sama kok. Setelah melakukan pembayaran akan ada email masuk konfirmasi pembayaran

Setelah melakukan pembayaran


Keesokan harinya, saya ingetin ayang buat nyiapin data-data yang sudah saya submit beserta bukti pembayaran biar nanti gak perlu fotocopy disana. Pas nyampe katanya pelayanannya agak lelet, tapi untungnya saat itu agak sepi jadi gak lama nunggu. Beres foto langsung di informasikan kalau waktu pembuatannya cukup 3 hari sudah jadi paspornya. Tiba hari pengambilan paspor, lagi-lagi saya yang ingetin maklum lah siayang ada diminggu yang agak riweuh daripada nunda-nunda pengambilannya juga barangkali besok udah bisa ajak liburan dan beli tiket. hihihihi *ngarep.com

Terus ada notif whatsapp masuk, siayang pamerin paspornya dong. Berarti sekarang tinggal siapin diri dan dana tentunya untuk liburan ke Ln.

Stay healthy teman-teman, inget prokes ya meskipun Indonesia statusnya sudah Endemic.

11 Comments

  1. Wah ini penting nih, sebelum bikin paspor kudu nyiapin dokumen dal bentuk pdf. Jadi pas mau submit nggak kelimpungan. Terima kasih infonya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Makasih informasinya. Penting sekali bikin paspor kalo mau ke luar negeri ya. Sekarang layanannya bisa lebih cepat karena melalui online.

    ReplyDelete
  3. Kudu disave ini cara-caranya. Kebetulan belum punya pasport. 🤭

    ReplyDelete
  4. Wah makasih banget infonya. Paspor saya hangus sejak pandemi. Mau memperbarui males soalnya pasti gak bakal ke mana-mana. Dan beneran memang gak ke mana-mana. Jangankan keluar negeri, keluar kota aja jadi jarang banget. Hiks hiks.

    ReplyDelete
  5. Wah berubah lagi ya regulasinya? Saya mau apply paspor baru soalnya. Terima kasih banyak infonya kak :)

    ReplyDelete
  6. Saat ini lagi gangguan webnya kak jd walk in aja kalau mau bikin paspor, banyak yang berhasil kok langsung ke Kanim.
    Promo tiket kmrn2 pada dapat murah bahkan temenku gratis tiket pp sekeluarga jakarta singapore.

    ReplyDelete
  7. Enak ya sekarang bisa lebih mudah dibanding mengurus paspor di zaman dulu.. udah roibet, antrinya juga lama

    ReplyDelete
  8. Senang, ya, kini pelayanannya sudah semakin baik dan cepat. Next, semoga saya juga bisa berkunjung ke kantor imigrasi. Aamiin.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya bagian paling menakutkan waktu pembuatan paspor adalah saat sesi interview.
    Kalau untuk perpanjang paspor biasanya lebih mudah dan cepat.
    Dan di kotaku, rasanya kalau awal dulu mau bikin paspor kayak ribet, dan sekarang sudah ada cara canggih serba online, tapi di kotaku masih belum

    ReplyDelete
  10. Pasporku udah hangus dari lama, karena belum ada plan ke LN jadi belum perpanjangan hehe , baca ini jadi tahu apa aja yang harus disiapkan nantinya

    ReplyDelete
  11. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:

    DIT University in Dehradun

    Mangalayatan University in Aligarh

    Invertis University in Bareilly

    Martin Luther Christian University in Meghalaya

    Poornima University in Jaipur

    ReplyDelete