Rasanya setiap kali keluar kota tidak tepat kalau kita belum mencoba kulinernya. Kali ini ketika ke Jogja lagi saya menyempatkan untuk mencoba makanan yang menurut beberapa orang sebagai rekomendasi dari orang-orang yang ada di Jogja dan kebetulan saya cuma 2 hari saja, maka berikut lah beberapa tempat saya kunjungi, salah satunya adalah tempat pelopornya makanan sejenis dan sudah lama ada. Berikut ini kuliner di Joga yang bisa kalian nikmatin.

1. Sop Ayam Pak Min Klaten
Atas rekomendasi andaa buat nyobain Sop Ayam Pak Min Klaten sebelum memulai pemotretan. Rasanya? Enak meskipun belum di bumbuin karena bumbu rempahnya udah nyatu tinggal nambah sambel untuk menyempurnakannya. Sop Ayam Pak Min Klaten ini sudah banyak cabangnya kok, menurut informasi dari teman saya yang tinggal disana, sudah seperti franchise gitu karena hampir setiap jalan terdapat tempat makan ini.


Seporsi Sop Ayam + Nasi + Teh Hangat + Kerupuk
Harga : 22K

2. Rujak Es Krim Pak Nardi
Ini merupakan salah satu tempat terfavorit sih bagi saya, dan kebanyakan orang pastinya. Lagi panas-panas terus pengen yang dingin dan yang segar, Rujak Es Krim jadi pilihan yang tepat. Rujaknya di serut dan dikasih es krim yang super lembut bikin saya nambah 2x. Tempat ini merupakan peolpor pertama untuk makanan sejenis dan sudah eksis dari tahun 1978. Wajib coba deh, gak bakal nyesal.


Rujak Es Krim Pak Nardi
Harga : 8K/Porsi

3. Sate Klatak Mbak Bella
Kalian bisa menemui Sate Klatak Mbak Bella ketika akan ke Mangunan, cukup jauh dari Pusat Kota Jogja. Menurut Andaa ini bukanya sampai sore saja, jadi pas sebelum makan siang sudah ramain. Satenya dibakar polos tapi gurih. Kalau sate pada umumnya akan di bumbu kacang, tapi disini kalian bisa minta kuah gulai sebagai pendampingnya.


Yang unik dari Sate Klatak Mbak Bella adalah Dagingnya baru di iris disaat yang bersamaan sebelum penyajian. Jadi kita bisa melihat proses dari awal. Tapi gak ada bau amis yang nyengat selama saya disana.

Nasi sebakul + Sate Kalatak + Air Jeruk
Harga : 30K

4. Warung Pak Sabar
Kesini itu pas banget makan malam, salahnya lagi tempatnya ini saya lewati setelah pulang dari Hutan Pinus Mangunan ternyata jadi berasa jauh banget dan letaknya sudah melewati perbatasan kota, kata Bapak Grab.

Menu di tawarkan disini lumayan banyak, tapu saya memilih belut yang ditumbuk beserta cabe. Saking penasarannya bilang tolong dikasih pedes. Taunya apa? Beneran pedes sepedesnya, sampai harus menitikan air mata berkali-kali dan tiba-tibs merasa beringus karena saking pedasnya. Rasanya nikmat banget nemu makanan sesuai selera sekali lagi.


Tips : Buat yang mau pesan menu belut ini, mending ambil 1ons saja dulu karena menurut saya itu juga cukup untuk sepiring nasi.

Nasi + Belut Tumbuk + Sprite
Harga : 26K

5. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijan


Lokasi dari Gudeg Mbah Lindu Sosrowijan dekat sama Malioboro, jadi kalau pagi bisa sekalian jalan-jalan kesini. Konsepnya hampir sama dengan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang ala prasmanan yang kita bisa pilih lauknya. Yang bikin enak pasti sambel kreceknya itu karena ada petenya juga, sayang saya gak nyobain sambek itu. Masih belum lulus makan begitu soale. Sama satu lagi yang unik, kalian bisa milih pakai bubur ataupun nasi.


Seporsi Bubur + Tahu + Telor + Teh Hangat
Harga : 23K

6. Wedang Tahu Bu Sukardi


Lokasinya yang berada di perempatan jalanan membuat kita bisa dengan mudah menemukannya dan tentu saja ramai di pagi hari dan lebih banyak lagi yang bungkus karena tempat duduknya agak susah disini. Tapi saya memutuskan untuk duduk sambil menunggu pesanan.


Wedang tahu ini kalah di lihat seperti silky puding dengan rasa seperti tahu, tau kan? tapi baunya gak se-strong tahu dan di kasih kuah rebusan jahe dan gula merah membuat terasa segar di tenggorokan dan hangat di badan. Cocoknya diminum saat cuaca mendung, hujan atau kamu yang butuh kehangatan.

Seporsi Wedang Tahu 
Harga : 7K







3 Comments

  1. Dari kesemua lokasi kuk
    kulineran murah diatas kok yaaaaa ...,kesemuanya belum pernah kudatengi 😄🤭

    Mungkin karena saking banyaknya tempat kulineran asik murner di Yogya, ya ... Jadi ngga kelacak satu persatu 😁

    ReplyDelete
  2. Yogya emg surga kuliner murmer. Anak kos bisa hidup kayak sultan di sini hehe.

    Btw pa Kabar mb Icha... dah jarang keliatan nih

    ReplyDelete
  3. dari semuanya, aku blm pernah 1 pun, lagian, ke Jogja terakhir tahun 2009 kayanya wkwk.. bisa buat referensi pas ke jogja nanti nih..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete