Wednesday, 22 May 2019

3 Hal Menarik Saat Jadi Sekretaris

Apakah kalian, pernah merasa seperti saya yaitu menuliskan kata "Sekertaris" seperti ini yang benar? Awal-awal sih saya tahu. Namun seiring berjalan waktu, tulisan yang benar adalah "Sekretaris". Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang diambil dari kata Secret yang artinya rahasia.

Benar, salah satu tugas Sekretaris adalah menjaga kerahasiaan perusahaan. Itupun tertuang dalam surat perjanjian kerja kita kok bahkan siapapun yang berkerja dalam perusahaan tersebut. Bedanya adalah karena kita sebagai seorang Sekretaris tentunya orang terdekat dari Atasan akan mengetahui lebih banyak mengenai pekerjaan ataupun apa yang menjadi isu-isu hangat. Duuuh merasa seperti orang Politik mendadak 😆

Namun menjadi seorang Sekretaris tidak selalu berurusan dengan yang serius terus kok, malah ada beberapa pengalaman menarik yang saya alami dan merasakan itulah keseruan antara lain adalah : 

1. Banyak Kenalan

Menjadi seorang Sekretaris yang sering mengikuti rapat ataupun menghubungi klien membuat kita jadi dikenal banyak orang dan menambah relasi tentunya. Diluar kerjaan pun akhirnya kita menjadi teman dekat yang tidak selalu membahas tentang pekerjaan.

Jadi saya ada pengalaman, saat itu saya cukup sering ke tempat si Rangga untuk ikut rapat atau meminta data tertentu dan karena kita cuma beda sekitar 4 tahun sehingga tidak ada kecanggungan untuk kita kalau ingin ngobrol ataupun bercanda. Sehingga banyak yang bertanya kenapa bisa kami cepat akrab. Ternyata kami mempunyai kesamaan suka nonton.

Bahkan kami pun pernah jalan bareng ke Mall hanya untuk nonton. Hasilnya? kita serasa terciduk karena ada orang kantor yang melihat kami. Padahal kami hanyalah anak muda yang suka nonton dan hangout.

Lain lagi dengan si Dewi Sekretaris Direktur, walaupun kami hanya sering berkomunikasi via Gtalk. Tapi kesamaan kami adalah suka ngobrol. Kadang malah kesannya kita jadi curhat-curhatan tentang pacar masing-masing. Bahkan pernah saya membawakan dia Pisang Ijo ketika ada orang yang akan berangkat ke Jakarta.

2. Belajar Menulis

Karena lumayan sering surat menyurat baik untuk internal ataupun Eksternal melatih saya menggunakan bahasa yang baik ditambah hampir sering sebagai notulen rapat. Jadi harus menambah kosakata kata dan juga poin penting dalam hal yang ingin disampaikan. Bahkan saya ingat pertama kali punya blog ini karena atasan yang menyarankan saya untuk ikut kelas di salah satu learning centre. Ya walaupun saat itu saya hanya iseng juga untuk ikut dalam kegiatan ini dan hanya diajar kan cara membuat blog saja serta copy paste tulisan orang lain. Tapi tenang kok, saat ini saya tidak melakukan seperti itu. Hanya setelah Blog Walking membuat saya menemukan Ide-Ide baru dari para Blogger.

Seiring dengan ikutnya saya dalam bisnis Multi Level Marketing membuat saya membuat blog untuk mereview produk-produknya serta promo yang ada saat bergabung di bisnis ini. Tapi seiring berjalannya waktupun, saya mulai menuliskan hal-hal lain dan menemukan Niche sendiri.

3. Belajar bersosialisasi

Bagi saya yang seorang Introvert sudah tentu saya bisa secara mandiri walaupun itu harus pergi sendirian, tapi karena pekerjaan yang mengharuskan kita harus dengan mudah bersosialisasi dengan orang lain agar memudakan keperluan kita. Semisal kita butuh data dari salah satu perusahaan lain, maka dengan segera mereka segera mengirimkannya.

Ya walaupun awal-awalnya merasa malu dan takut salah ngomong, tapi pada akhirnya karena sering bertemu dengan orang akhirnya mulailah belajar bersosialisasi dan berbaur walaupun terkadang harus pakai cara SKSD. Pada taukan kepanjangan dari apa? Yuuup itu Sok Kenal Sok Dekat 😂 tapi daripada dianggap sombong dan jutek mending seperti itu. Ya maklum saja saya memang tampangnya gitu kelihatan dari awal apalagi kalau lagi serius. Makanya jarang ada mendekat hahahahaha. Tapi it's ok pada akhirnya kami bisa ngobrol hal ringan.

Kurang lebih itulah hal menarik yang bisa saya ceritakan ketika menjadi Sekretaris.

2 comments:

  1. Hai mba salam kenal yaa.. Sy jg br ngeh kebiasaan ngucapin sekertaris.. Ternyata salah yak hi hi... Sybjg sekertaris rumah tangga tuh....

    ReplyDelete
  2. Eh saya sejak tahun lalu menjabat Sekretaris Jendral sebuah paguyuban. Entah kenapa pada beberapa tempat saya selalu jadi sekretaris

    ReplyDelete