Wednesday, 20 February 2019

Mudahnya Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Sulawesi Selatan

Akhirnya Jadi Juga
Kalau ada yang bilang susah membuat paspor, jangan mudah percaya. Biasanya orang kan nakut-nakutin dan tentunya bisa jadi malah mengambil manfaat dari situ. Tapi gak perlu risau ataupun gundah gulana, berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan dan praktis tentunya pengisian datanya :

Langkah yang harus di lakukan antara lain :

-------------------------------------------------

1. Yang pertama kali harus di lakukan adalah melakukan pendaftaran secara Online di http://www.imigrasi.go.id karena setiap yang datang kesana tanpa mendaftar pastinya tidak akan dilayani melainkan disarankan untuk langsung mendaftar secara online. Tentunya membuat kita ribet ketika sudah berada di tempat dan akan buru-buru. Pengalaman saya mendaftar 1 Minggu sebelumnya di karenakan menyiapkan datanya membutuhkan waktu dan juga biasanya di Minggu yang sama sudah full kuota ataupun sudah banyak yang mendaftar sehingga akan lama berada di sana, bisa jadi malah setengah hari berada di Kantor Imigrasi.

2. Setelah kita terdaftar maka langkah selanjutnya yaitu memilih lokasi untuk pengurusan paspor. Nah kalau di Makassar ada 2 lokasi yang bisa kalian pilihm yaitu di Jl. Perintis dan di Jl. Alauddin. Setelah memilih lokasi pengurusan, akan ada jadwal yang bisa kamu tentukan sendiri seperti tanggal akan mengurus dan juga waktu pagi hari atau siang hari akan pergi.

Kemudian, akan ada barcode yang muncul dan kamu diharuskan untuk memprint agar di tunjukan ke Petugas Imigrasi  untuk proses pengantrian.

3. Persiapkan data. Untuk kamu yang notabene adalah membuat paspor maka yang persyaratkan untuk membawa 3 item ini:
    a. Kartu Keluarga Asli dan 1 Lembar Foto Copy-an
    b. KTP Asli dan 1 Lembar Foto Copy-an
    c. Akte Kelahiran Asli dan 1 Lembar Foto Copy-an

Untuk perpanjangan paspor cukup membawa Paspor Lama Asli dan juga Kartu Keluarga Asli terkhusus paspor yang di keluarkan pada tahun 2009. Kalau tidak sempat foto copy, jangan khawatir ada tempat ATK di sebelah gedung.

Proses ketika berada di Kantor Imigrasi

---------------------------------------------

Sesampainya di kantor Imigrasi pilihan kamu tentunya, silahkan ambil antrian dahulu ke Satpam yang standby karena mereka sudah mempunyai daftar pembuat paspor. Lalu nanti akan dipanggil serta di periksa kelengkapan berkas,kalau sudah sesuai dan tidak ada yang kurang maka akan di keruangan Foto dan Wawancara. Disini saya mengantri agak cukup lama, sekitar 2 jam karena tiba sekitar jam 09.00
Setelah menunggu dengan perasaan agak tak menentu, gelisah yang tak jelas akhirnya di panggil antrian saya juga.

Begitu selesai wawancara, maka kita akan segera di foto dan membawa pulang seperti resi yang menginformasikan harga pembuatan paspor sebesar 355rb dan juga bank / kantor pos dimana kita bisa membayar. Maka 3 hari setelah pembayaran, paspor dapat di ambil dan di pakai tentunya.

Sekedar informasi nih, prosesnya cuma 3 hari kok setelah pembayaran jadi saya rasa kalau tidak begitu urgent dalam waktu seminggu sebelum berangkat bisa pakai yang reguler saja. Kecuali sudah urgent bisa menghubungi pihak calo yang dikenal. Biayanya bervariasi setahu saya sekitar 500-850rb. Pilih sesuai kebutuhan saja.

37 comments:

  1. Gampang juga ya mbak bikinnya kalo sesuai prosedur

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul gak sampai seminggu dan biayanya tidak semahal yang orang bilang di luar sana.

      Delete
  2. Samaaa sayapun baru ganti paspor karena habis masa berlaku ^^ cuma kemaren pertama itu bikin di Jogja trs skrg ganti baru di Cirebon,berkas yang harus dibawa sama kaya pas bikin paspor baru + bawa paspor lama juga. Katanya sih gara2 beda kanim anatar bikin pertama kali pas pas perpanjangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, saya sempat disuruh balik juga karena masalah KK. Jadi yang saya bawa itu KK yang lama, yang tanda tangan itu orang Kelurahan sedangkan harus KK yang baru yang di tanda tangani sama orang Capil.

      Tapi udah jadi paspornya mba?

      Delete
  3. seneng banget ya mbak kalo segala sesuatu nya dilancarkan apalagi untuk hal seperti ini, pelayanan publik memang wajib lancar gk dipersulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, lancar dan cepat pastinya kita sendiripun senang apalagi mereka yang melayani pastinya gak butuh waktu berlama-lama untuk ketemu dengan pelanggannya.

      Delete
  4. Aku lebih gampang kak, tinggal setting keamanan, ganti paspor *eh hehee

    Btw, kakak mirip sodara aku yang sudah lama menghilang 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal ya mba Bintang :)

      Kalau kemiripan bukannya emang udah biasa hehehehe

      Delete
    2. Salam kenal juga mbak icha yg cyantique hehehe...

      Iya sih lumrah. Yg penting sama-sama baik deh hehe

      Delete
  5. Boleh percaya boleh ngga, kak .. pas baca post ini, baru saja tadi pagi adikku ke kantor imigrasi untuk perpanjangan paspor, sebelumnya sudah daftar online dulu.
    2 hari setelahnya dapat panggilan kesana.

    Adanya pendaftaran online paspor inj jadi lebih mudah dan cepat prosesnya, ngga pakai lama duduk sampai berasap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kak, gak perlu nunggu seharian. Yang penting sudah daftar dan pilih tanggal dan jam yang kita mau jadinya lebih fleksibel ke kitanya juga.

      Delete
  6. Cepeet yah prosesnya cuma 3 hari, dulu bikin nunggu semingguan baru jadi hehehe banyak antriannya kayanya dulu. sekarang makin lama makin mudah. alhamdulillah :) salam kenaal ya mbaaak ~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. antri sih masih tetap tapi lebih terorganisir dan beneran gak sampai seharian tongkrongin Imigrasi dan gak bisa ngerjain yang lain dulu.

      Delete
  7. Terima kasih sudah berbagi kak. Kebetulan lagi perlu banget. Karena passport ku sebentra lagi harus memasuki masa perpanjangan. Baru-baruji ini kita pembuatan atau perpanjangan passport?

    ReplyDelete
  8. Tetap saja harus lalui proses birokrasi agar pembuat paspor bisa dipastikan keberadaannya secara sah dan meyakinkan. Daftar secara daring (dalam jarinagn/online) itu untuk memudahkan karena proses registrasi harus melalui beragam tahapan. Setidaknya Mbak bisa lalui semua dengan lancar meski deg-degan, he he.

    ReplyDelete
  9. Betul sekali membuat paspor sekarang lebih mudah dibandingkan membuat KTP.
    Pengalaman kemarin waktu bikin paspor untuk suami, sangat mudah dan tidak pakai calo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, sesusah itu ya buat KTP. Masih ramai ya Capil kak? Soalnya terakhir saya urus 5 tahun lalu dan syukurnya sekarang tidak perlu perpanjangan jadi tidak perlu lagi ke Capil untuk perpanjangan.

      Delete
  10. Apa paeng di Alauddin, dlu waktu bikin paspor saya jauh-jauh ke perintis..Expired pi l
    Pasportku lagi baru ke tempat terdekat..bagus juga kalau regis memang lewat websitenya supya tidak terlalu lama nunggunya..

    Mksih infonya kk, sangat bermenfaat..

    ReplyDelete
  11. Wadow, pake calo bisa sampe 800 ribu ya biayanya? Mending urus sendiri deh kalo sampe hampir sejuta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye kak. Awalnya sempat tertarik katanya langsung foto padahal kalau kita sendiri pergi juga langsung foto juga cuma mungkin ndak seantri itu.

      Delete
  12. Saya sudah lama mau perpanjang passport di Makassar, sayangnya setiap daftar via apps yang ada diandrodi selalu memang error. Trus link alamat web imigrasi yang mbak Icha post, qo malah ngedirect ke tempat lain ya. Cmiiw ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks kak infonya langsung saya ubah link nya.
      Saya juga begitu kak karena masalah NIK, cuma setelah saya melapor besoknya sudah bisa daftar lagi.

      Delete
  13. Memang harus seperri itu, biar memudahkan masyarakat yang ingin bepergian jauh hehe. Pengen juga bikin password, Insya Allah deh klo rejekinya ada di luar negeri nanti sehabis kuliah. Hihi

    ReplyDelete
  14. SETUJU BANGET!

    Pas perpanjangan paspor tahun lalu saya pikir akan seribet apa, tapi ternyata tidak. Sistem online juga membuat orang tidak terlalu banyak mengantri di kantor Imigrasi. Satu catatan, kalau sudah dikasih tagihan yg harus dibayar, langsung bayar yak, supaya paspornya bisa langsung diproses. Jangan menunda sampai 3 hari kayak saya -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sempat begitu kak, mikirnya ribet kayak bagaimana coba. Tapi setelah dijalani, ohh ternyata cuma begini toh. hehehehe

      jadi ulang ke kantor Imigrasi ya kak?

      Delete
  15. Alhamdulillah ya sistem administratif kita semakin mudah, gak ada lagi pakai rempong-rempong dan lama ngurusnya, karena memang sih pada dasarnya sistem itu harus memudahkan masyarakat, bangga sama indonesia, semoga kedepan pelayanan semakin ditingkatkan...

    ReplyDelete
  16. Seharusnya birokrasi itu yaa begini ya kak, nda ribet nda perlu antri panjang2 dan menguras waktu dan tenaga. Saya jg waktu urus passport bulan lalu cepat sekaliji, lebih efektif tawwa

    ReplyDelete
  17. kapan yah semua layanan bisa seperti ini di Indonesia secara merata, bukan hanya di kota besar..

    ReplyDelete
  18. Postingan yang bermanfaat sekali kak. Postingannya saya bookmark dulu ya sempat bisa buat pasword suatu hari nanti jadi nggak perlu repot cari2 info tinggal baca lagi postingan ini

    ReplyDelete
  19. Ada di Alauddin juga ternyata, dekat dari rumah. Kebetulan mau perpanjang dalam waktu dekat ini. Sebulan kemudian sudah hangus.

    Berguna sekali, kak. Terima kasih, senang sekali.

    ReplyDelete
  20. Saya juga mendapat penjelasan yang sama dari beberapa teman yang usai memgurus pasport. Pelayanan semakin baik dan mulus dan cepat. Kemajuan yang sangat membanggakan dari segi layanan umum.

    ReplyDelete
  21. Siplenya yah bikin paspor sekarang, dulu-dulu itu bikinnya super ribet dan harus nunggu lama. enak sekarang ngurus apa-apa jadi semakin simple dan mudah saja :D

    ReplyDelete
  22. Wah mb Icha lagi siap2 ke luar negeri nih. Keren keren keren

    ReplyDelete