Friday, 7 December 2018

Solo Traveling VS Group Traveling




Bagi kalian yang suka jalan lebih memilih Traveling sendiri atau harus ikutan Group? Yuk simak pengalaman saya berikut ini.


1. Solo Traveling

Kalau kalian tipe Introvert seperti saya, traveling sendiri bukan masalah yang besar. Baiklah mulai dari segi baiknya dulu saya ceritakan, enaknya adalah kita bisa merencanakan perjalanan kita sendiri tanpa harus bingung dan mengikuti tur orang lain. Bayangin aja kita sudah atur waktu dan ternyata ada teman kita yang molor. Bete kan? Dengan solo traveling kita bebas menentukan waktunya tanpa terikat dengan orang lain, bisa lebih lama ataupun cepat dari perkiraan untuk berada disuatu tempat. Nih satu hal yang bikin saya agak kurang nyaman, adalah berbagi kasur dengan beberapa orang. Maklum saya kalau tidur kurang nyantai juga caranya apalagi kalau capek ya kali ngigau ataupun ngorok. Hahaha.. 

Sekilas itu enaknya dari Solo Traveling, berikutnya kita bahas tentang Group Traveling.


2. Group Traveling

Jangan pikir karena saya seorang introvert maka saya tidak pernah melakukan perjalanan bersama orang banyak atau yang disebut group traveling. Bahkan saya pernah bawa tour dengan jumlah 100 orang karena pada saat itu saya sebagai tour leader disebuah travel agent di usia masih cukup muda sekitar 19 Tahun. Enaknya dalam perjalanan group adalah kita bisa mendapat alternatif perjalanan apalagi kalau mereka punya tujuan beda-beda, kita bisa mengikuti tujuan mereka tanpa takut boring dengan tema liburan mereka. Nah untuk urusan makanan dengan group traveling pastinya orang berbeda selera sehingga kita pasti akan memilih makanan yang "aman". Berfotopun bisa bergantian karena ada temannya, asal jangan jalan ama teman yang bawaannya bentar-bentar pengen di foto bakal repot juga ya. Menurutku sih

Itulah pembahasan seputar enaknya Solo Traveling dan Group Ttaveling

4 comments:

  1. Kalau aku kayaknya group traveling. Mulai dari zaman kuliah dulu, sering bareng-bareng teman kampus atau teman kos pergi ke suatu tempat. Setelah menikah ya bersama keluarga. Saat ini belum terpikirkan untuk solo traveling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. tergantung juga sih mbak, klo aku enak dua2nya. Cuma plusnya aja untuk masing2 tergantung momen

      Delete
  2. Solo oke. Grup oke, asal tidak lebih dari empat orang biar ndak ribet komprominya.

    ReplyDelete