Wednesday, 19 December 2018

Office : Ternyata Semudah Itu Buat Rencana Anggaran Biaya



Sekali-kali omongin kerjaan ya kita, jadi saya sebagai salah satu staff administrasi yang sekarang ada dilingkungan tim Penjualan membuat saya lebih banyak bersinggungan dengan pelanggan. Entah pelanggan yang sudah lama eksist ataupun baru. 

Nah akhir-akhir ini sering banget setiap pekerjaan dibuatkan RAB, pada taukan kepanjangan? Yup, itu kepanjangan dari Rencana Anggaran Biaya yang mesti di hitung oleh orang Keuangan. Awalnya itu karena dikerjakan 1 orang, senior dikantor karena dia punya proyek yang sangat besar sehingga membutuhkan itu. Sedangkan untuk saya jarang karena nilai proyek saya tidak sampai 100juta.

Pertama kali buat RAB, rasanya tuh kayak ngitung duit orang yang masuk dan yang dikeluarkan sehingga kita mendapatkan profit margin dari kegiatan tersebut. Udah mirip anak Ekonomi gak sih ini penjelasanku? hahahaha.. Dan berurusan dengan angka ini, jelas belibet apalagi saya basicnya bukan Ekonomi. Sampai mesti bolak balik gonta ganti RAB. Tapi itu dulu kok, sekarang sih karena sudah tau post yang harus dikeluarkan, jadinya terasa sangat mudah. Ya paling banter 15 menit sudah selesai dikerjakan. 

Yah inti dari sebuah pekerjaan itu, adalah konsisten. Kalau setiap hari itu mulu yang dikerjakan pastinya kita tahu jelas poin-poin pentingnya.

This entry was posted in

0 comments:

Post a Comment