Tuesday, 4 December 2018

5 Rekomendasi Tempat Makan Sop di Makassar

Berikut ini saya akan merekomendasikan tempat makan khas makassar yang menurut saya recomended, bukan karena cuma rasanya tapi harganya affordable antara lain :

1. Coto
Semua orang kalau ke Makassar, pasti pengen makan coto karena ini paling banyak dikenal oleh orang dari luar kota Makassar. Banyak banget tempat makan coto, tapi saya merekomendasikan Coto Abdul Daeng Sirua atau biasa disebut Coto Abdesir. Disini kuahnya warna coklat muda dan biasanya juga disebut coto kuah putih. Ada beberapa versi memang coto di Makassar sih, tapi saya sebagai yang nulis ini tetap paling sukanya itu.





2. Konro
Kebanyakan orang kenal Konro Karebosi, tapi saya akan merekomendasikan Konro Bawakaraeng. Tempatnya berada di perempatan Jl. Bawakaraeng dan tempatnya  terbilang kecil untuk ukuran penjual konro tapi sepertinya memang di set seperti itu. Disini tersedia berbagai macam makanan khas dengan dasar daging juga. Tapi yang mau coba konro, bisa ke sini saja.

3. Sop Lidah
Nah kalau ini namanya memang Sop Lidah tapi tenang saja yang dihidangkan bukan cuma Sop Lidah saja kok, ada bagian lainnya seperti daging, pipih, kikil, paru, hati dan jantung. Kalian tinggal pilih mau bagian yang mana dan juga porsinya cukup banyak. Kalian bisa menambahkan telur juga sebagai pelengkap. Sop Lidah rekomendasi saya adalah Sop Lidah Lamuru.




4. Sop Sodara
Waktu pertama kali bawa temen makan sop sodara, dianya kaget sambil bilang kok tega banget sodara di jadiin sop. Ceritanya mau melucu kali ya. Tapi sendiri saya juga kurang tau juga kenapa nama makanan ini Sop Sodara, tapi karena enak dan biasanya dihidangkan bersama nasi kalian bisa menikmati Sop Sodara di Jl. Irian samping Monalisa dan selalu ramai pengunjung.



5. Sop Kaki Kambing
Ini sebenarnya tambahan saja sih, buat yang pengen makan sop kaki kambing bisa ke belakang Mall Panakukkang. Disini bisa minta disediakan bersama dagingnya untuk merasakan sum-sum nya, tapi bisa cuma dihidangkan dagingnya saja. Rasanya juga bikin nagih

22 comments:

  1. Yummy!! Kl ke Makassar kudu cobain ke limanya nih :D. Dari ke lima makanan itu, yg paling favorit mbanya yg mana ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terfavorit sop konro..hehehe..
      Hayuu mba main kesini, nanti aku ajakin makan.

      Delete
    2. Uh, jd inget sup konro belakang kostan huhu. Asik-asik diajakain makan kl ke Makassar :D

      Delete
    3. tapi kalau ke Kanada diajakin makan2 ya kak. hahaha..

      Delete
  2. coto abdesiirr andalan ku sejagat raya, klo org luar makassar tanya tempat makan coto yg enak, satuji tempat yg menurutku enak coto abdesir hehe

    ReplyDelete
  3. SOP Saudara itu singkatan dari Saya Orang Pangkep, Saudara. Soal ini ada dibahas dalam buku Makassar Nol Kilometer.
    Oh iya, saya paling suka Sop Ubi di Kedai Pojok Adhyaksa.

    ReplyDelete
  4. Kalo saya tulis yang seperti ini, pasti yang Sop Kaki Kambing bakal saya ganti dengan Pallubasa dan tempat di urutan no.1 , hehe..

    ReplyDelete
  5. Baru menyadari makanan khas kita banyakan kuah2 yaaah, bikin lagi dong versi penganan traditional. Thanks for sharing, ku bookmark untuk temen yg tanya2 kek gini deh

    ReplyDelete
  6. Deh anadalangku semua ini. tanggung jawabki karena setelah baca posting ini tiba-tiba saya merasa lapar. hahahaha

    ReplyDelete
  7. Tidak ada Pallubasa na gang, padahal sop andalanku itu. Kalau sop kaki kambing, belum pernah saya coba.

    ReplyDelete
  8. Hhmm.... klo saya dari dulu suka banget sama sop paruh sidodadi jl kumala.

    Eh baru tahu klo coto itu masuk kategori sop heheehee

    ReplyDelete
  9. Dan saya baca ini malam-malam pas hujan deras. Jadi auto lapar ini aduuh...

    ReplyDelete
  10. Sop kaki kambing di belakang MP namanya Kedai Estu. Andalanku sekali juga makan disitu kak. Ada juga di Landak atau di RRI namanya 3 Saudara, sama enaknya juga kak. Duhh jadi maukaaa jam segini😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kedai estu kak namanya. Cepat sekali juga habis satenya itu. Habis itu makan nasgor di sebelahnya lagi. wkwkwkwk

      Delete
  11. Belum pernah ka coba sop lidah, tapi memang bede sop lidah paling enak itu di Lamuru. Sop kaki kambing juga belum pernah coba Kalau coto, Saya lebih suka Coto Gagak sejak zaman dulu hehehehe

    ReplyDelete
  12. Sop kaki kambing saya nda pernah coba. Enakkah? Hahaha

    Nanti mau coba ah. Kalau yang lain sih sudah biasa, kecuali yang sup lidah juga cuma beberapa kali.

    ReplyDelete
  13. semua yg kita sebutkan adalah favoritkuuuuu, paling suka coto abdesir juga hihi toss dulu kak, atau pankapan mau makan bareng mungkin ? wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayomi e makan barengki, serunya mi itu pasti.

      Delete
  14. Dari daftar di atas, yang belum sa coba itu Sop Kaki Kambing.

    Aihhh Pallubasa Serigala ndak masuk daftar? Penonton kuciwaaa...hahahha..

    Kalau coto, saya sukanya itu Coto Gagak sama Coto Nusantara. Eh Coto Abdesir juga suka sih. Jiahh tanggung jawab ki', jadi kangen k' kuliner Makassar ini -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera saya update kak dengan tambahan Pallbas

      Delete
    2. cepatmi ke Makassar kak, tapi nanti kalau saya ke Lombok boleh lah yah kita jumpa2. hehehe

      Delete