Saturday, 2 January 2016

6 Cara Ampuh Mengatasi Bekas Jerawat Yang Dapat Dilakukan di Rumah

Siapa yang suka dengan jerawat? Hampir gak ada dong yah, karena sangat mengganggu penampilan terutama wanita. Penyebab terbentuknya jerawat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masalah hormon ketika akan pra mens (khusus bagi wanita), Pola makan dan Pola tidur karena ini saling kerkaitan, ataupun faktor lingkungan dan juga kondisi  kulit. Ini yang perlu diketahui terlebih dahulu. Munculnya jerawat ditandai dengan benjolan kecil ataupun besar yang berwarna kemerahan di wajah, setelah itu biasanya akan bernanah. 

Tapi jangan di pencet ya, lakukan perawatan yang tepat seperti membersihkan wajah sesudah menggunakan riasan make-up kemudian cuci dengan dengan pembersih wajah dan siram menggunakan air hangat. Lap kering menggunakan tisue (khusus wajah) kemudian oleskan krim jerawat, agar segera kempis jerawatnya. Biasanya ada jerawat yang menyebabkan bekas berwarna kemerahan, hingga berwarna hitam tergantung pigmen. Semakin sering kita berada di luar ruangan dan kena sinar matahari, maka akan semakin hitam bekasnya.

Berikut ini ada 6 cara ampuh mengatasi bekas jerawat yang dapat dilakukan di rumah oleh kalian sendiri. Gak perlu perawatan mahal yang terpenting telaten kita melakukannya.

1. Cuka Apel
Bahan yang satu ini mudah ditemui di dapur atau bisa di beli di supermarket terdekat. Dengan berbagai manfaat yang terkandung seperti mineral, vitamin, asam karbol, asam amino, anti oksidan, dan sifat cuka apel yang bisa menjadi anti bakteri, sangat efektif untuk perawatan jerawat.

Caranya adalah : Campurkan 1sdm cuka apel dan campurkan 1sdm air. Aplikasikan ke wajah menggunakan cotton bud di wajah yang ada bekas jerawatnya. Diamkan selama 5-10 menit. Kemudian setelah dirasa cukup, bilas wajah menggunakan air bersih. Lakukan setiap hari.

2. Vitamin E
Vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ini, bisa di gunakan juga sebagai salah satu bahan untuk mengatasi bekas jerawat.Ini dikarenakan vitamin E dapat menutrisi kulit dengan memberi kelembaban. Vitamin E mudah ditemui dengan mengkonsumsi buah ataupun sayuran. Tapi bagi yang malas menkonsumsi ini bisa kita menggunakan isi Kapsul Vitamin E ataupun Minyak Vitamin E.

Caranya adalah : Setelah dibuka kapsulnya, segera aplikasikan ke wajah menggunakan kuas. Diamkan selama 15-20 menit kemudian cuci bersih. Lakukan setiap hari.

3. Baking Soda
Selain sangat populer untuk membuat kue ataupun kudapan lainnya, baking soda dapat mengatasi bekas jerawat dengan mengangkat sel kulit mati dengan membuat wajah sedikit kering dan mengelupas. Tapi ini bersifat sementara sekitar 4-7hari tergantung kondisi wajah.

Caranya adalah : Buat pasta baking soda dengan mencampurkan 1sdm dan air secukupnya. Kemudian applikasikan ke wajah dengan cara memijat selama 1-2 menit dan diamkan. Begitu dirasa kering, bilas dengan air hangat. Dapat dilakukan setiap hari hingga bekas jerawat hilang.

4. Madu
Selain untuk jerawat, madu juga bisa digunakan untuk mengatasi bekas jerawat

Caranya adalah : Campurkan 2sdm madu dengan 1/4 mangkok oatmeal hingga menjadi campuran pasta. Diamkan di wajah sekitar 15-20 menit atau hingga dirasa kering. Kemudian bilas dengan air hangat.

5. Jeruk Nipis atau Lemon
Bahan yang satu ini sangat sering kita temui di dapur. Dengan berbagai macam kandungan yang terdapat pada Jeruk Nipis ataupun Lemon, sehingga sangat tepat untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel dengan membuat kolagen baru pada wajah.

Caranya adalah : Campurkan 1sdt sari jeruk atau lemon, 1sdt minyak almond,  1sdt madu dan 2sdt susu bubuk full cream. Aplikasikan ke wajah selama 7-10hari kedepan dan lihat perbedaannya.

6. Tomat
Tomat merah juga sangat baik untuk mengatasi bekas jerawat. Sangat murah dan mudah di dapatkan.

Caranya pertama adalah : Potong buah tomat dan aplikasikan ke wajah 15-20 menit. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

Cara kedua adalah : Blender 1/2 buah tomat, 1/2 ketimun, dan 1/2 alpukat hingga seperti jus ataupun pasta. Aplikasikan ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Nah teman-teman sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat buat kalian.